ANALISA PROSES INTERAKSI
Nama Mahasiswa :
AHMAD WAHYUDI
Inisial
klien : Ny.K
Bangsal ; Teratai
Sasaran
komunikasi : fase kerja
Lingkungan : di taman, pasien dan perawat
duduk di kursi berhadapan, lingkungan
tenang, nyaman
Deskripsi : penampilan klien cukup
rapi, bersih, ekspresi wajah tampak gembira, klien cenderung banyak berbicara,
mudah berinteraksi
Tujuan
komunikasi : mengetahui penyebab klien
masuk RS
Waktu
komunikasi : jam 10.00-10.20 WIB
Tanggal : Senin, 26 Mei 2005
Komunikasi verbal (1)
|
Komunikasi non verbal (2)
|
Analisis berpusat pada klien (3)
|
Analisis berpusat pada perawat (5)
|
rasional
|
¨ P : Mungkin sebelum
kita mulai ada yang ingin ditanyakan ?
K : Tidak ada
¨ P :Ada yang ibu
keluhkan pagi ini?
K: Tidak ada,
alhamdulilah sehat
¨ P : Kalau boleh
saya tahu, bisa diceritakan alasan ibu Kumala dibawa ke sini.?
K : Katanya
karena rapat keluarga
¨
P : Maksud ibu, keluarga mengadakan rapat
sebelum memutuskan ibu dibawa ke sini?
K
: Ya..sepertinya begitu
¨ P : Kira-kira apa
yang menyebabkan keluarga memutuskan membawa ibu ke sini?
K
: saya tidak tahu, saya khan sehat untuk apa dibawa ke RS segala, khan perlu
duit banyak.
¨ P : Ibu ingat ada
kejadian apa di rumah sebelum ibu
dibawa ke sini?
K
: Tidak ada apa-apa, saya cuma ngasih nasehat
supaya jaga kebersihan, sholat tepat waktu. Saya khan niatnya baik
¨ P : Waktu
memberikan nasehat, ibu menggunakan kata-kata yang halus atau sambil
marah-marah?
K
: awalnya halus, kemudian saya
marah-marah, soalnya mereka itu susah sekali diatur
¨ P : Ibu di rumah
tinggal dengan siapa?
K
: Saat ini khan berkunjung ke rumah anak saya, tinggal dengan anak saya dan
suami
¨ Kira-kira hal apa
yang paling membuat ibu marah ?
K : Ya banyak..,
rumah tidak bersih, kalau dikasih nasehat tidak menurut, saya merasa tidak
dihargai lagi.
|
P:
menghadap ke arah klien, kontak mata dan tersenyum
K : memandang ke arah perawat,
menggelengkan kepala sewaktu bilang tidak ada
P
: kontak mata, sikap terbuka
K
: menatap perawat,
kontak mata, menjawab dengan nada bisa sambil tersenyum
P
: Kontak mata, bersikap terbuka, bicara pelan
K
: kontak mata, nada menjelaskan, bicara pelan
P
: kontak mata, nada bertanya, bicara pelan
K
: kontak mata, bicara sambil menganggukan kepala
P
: kontak mata, bicara pelan tapi jelas, bersikap terbuka
K
: kontak mata, nada jawaban meyakinkan
P
: kontak mata, bicara pelan tapi jelas, bersikap terbuka
K
: kontak mata, nada jawaban
menjelaskan
P
: kontak mata, bicara pelan tapi jelas, bersikap terbuka
K
: kontak mata, nada jawaban
menjelaskan
P
: kontak mata, bicara pelan tapi jelas, bersikap terbuka
K
: kontak mata, nada jawaban
menjelaskan
P
: kontak mata, bicara pelan tapi jelas, bersikap terbuka
K
: kontak mata, nada menjelaskan, ekspresi wajah tampak kesal, kadang
menunnduk
|
Klien
sudah siap untuk berinteraksi
klien
siap interaksi
klen
konsentrasi, sikap terbuka
klien
konsentrasi, bersikap terbuka
Klien
konsentrasi, orientasi tempat baik, bersikap terbuka
Klien
konsentrasi, bersikap terbuka
Klien
konsentrasi, bersikap terbuka
Klien
konsentrasi, bersikap terbuka
Klien
konsentrasi, bersikap terbuka
|
Berharap
klien untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui dan perawat mengkaji
mungkin ada hal yang ingin klien tanyakan terlebih dahulu
Berharap
klien untuk menyampaikan keluhan yang dihadapi saat ini dan berharap klien
terbuka
Berharap
klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar
Berharap
klien menjawab dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendapat jawaban
Berharap
klien menjawab dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengarkan
Berharap
klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar
Berharap
klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar
Berharap
klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar
Berharap
klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar
|
Klarifikasi pertanyaan yang mungkin
muncul dari klien dapat digunakan untuk mengkaji ada hal yang dipikirkan oleh
klien
Klarifikasi keluhan yang mungkin muncul dan dan
mengkaji keluhan yang mungkin dihadapi pasien.
Untuk menentukan tindak lanjut jika
ada keluhan sehingga interaksi dapat berjalan lancar
Teknik
eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Kemampuan
klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi
Teknik
eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Kemampuan
klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi
Mendengarkan
adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu
Teknik
eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan
adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu
Kemampuan
klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi
Mendengarkan
adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu
Teknik
eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan
adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu
Teknik
eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan
adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar