my facebook

Sabtu, 29 September 2012


ANALISA PROSES INTERAKSI
 Nama Mahasiswa     : AHMAD WAHYUDI
Inisial klien                 : Ny.K
Bangsal                       ; Teratai
Sasaran komunikasi   : fase kerja
Lingkungan                : di taman, pasien dan perawat duduk di kursi berhadapan, lingkungan  tenang, nyaman
Deskripsi                     : penampilan klien cukup rapi, bersih, ekspresi wajah tampak gembira, klien cenderung banyak berbicara, mudah berinteraksi
Tujuan komunikasi    : mengetahui penyebab klien masuk RS
Waktu komunikasi     : jam 10.00-10.20 WIB
Tanggal                       : Senin, 26 Mei 2005

Komunikasi verbal (1)
Komunikasi non verbal (2)
Analisis berpusat pada klien (3)
Analisis berpusat pada perawat (5)
rasional
¨       P : Mungkin sebelum kita mulai ada yang ingin ditanyakan ?
K : Tidak ada




¨       P :Ada yang ibu keluhkan pagi ini?
K: Tidak ada, alhamdulilah sehat







¨       P : Kalau boleh saya tahu, bisa diceritakan alasan ibu Kumala dibawa ke sini.?
K : Katanya karena   rapat  keluarga






¨       P : Maksud ibu, keluarga mengadakan rapat sebelum  memutuskan ibu dibawa ke sini?
K : Ya..sepertinya begitu



¨       P : Kira-kira apa yang menyebabkan keluarga memutuskan membawa ibu ke sini?
K : saya tidak tahu, saya khan sehat untuk apa dibawa ke RS segala, khan perlu duit banyak.
¨       P : Ibu ingat ada kejadian apa di rumah sebelum  ibu dibawa ke sini?
K : Tidak ada apa-apa, saya cuma  ngasih nasehat supaya jaga kebersihan, sholat tepat waktu. Saya khan niatnya baik

¨       P : Waktu memberikan nasehat, ibu menggunakan kata-kata yang halus atau sambil marah-marah?
K : awalnya halus, kemudian  saya marah-marah, soalnya mereka itu susah sekali diatur

¨       P : Ibu di rumah tinggal dengan siapa?
K : Saat ini khan berkunjung ke rumah anak saya, tinggal dengan anak saya dan suami

¨       Kira-kira hal apa yang paling membuat ibu marah ?
K : Ya banyak.., rumah tidak bersih, kalau dikasih nasehat tidak menurut, saya merasa tidak dihargai lagi.

P: menghadap ke arah klien, kontak mata dan tersenyum
K : memandang ke arah perawat, menggelengkan kepala sewaktu bilang tidak ada


P : kontak mata, sikap terbuka
K : menatap perawat, kontak mata, menjawab dengan nada bisa sambil tersenyum





P : Kontak mata, bersikap terbuka, bicara pelan
K : kontak mata, nada menjelaskan, bicara pelan






P : kontak mata, nada bertanya, bicara pelan
K : kontak mata, bicara sambil menganggukan kepala



P : kontak mata, bicara pelan  tapi  jelas, bersikap terbuka
K : kontak mata, nada jawaban meyakinkan





P : kontak mata, bicara pelan  tapi  jelas, bersikap terbuka
K : kontak mata, nada jawaban  menjelaskan







P : kontak mata, bicara pelan  tapi  jelas, bersikap terbuka
K : kontak mata, nada jawaban  menjelaskan







P : kontak mata, bicara pelan  tapi  jelas, bersikap terbuka
K : kontak mata, nada jawaban  menjelaskan





P : kontak mata, bicara pelan  tapi  jelas, bersikap terbuka
K : kontak mata, nada menjelaskan, ekspresi wajah tampak kesal, kadang menunnduk

Klien sudah siap untuk berinteraksi






klien siap interaksi









klen konsentrasi, sikap terbuka







klien konsentrasi, bersikap terbuka







Klien konsentrasi, orientasi tempat baik, bersikap terbuka






Klien konsentrasi, bersikap terbuka









Klien konsentrasi, bersikap terbuka









Klien konsentrasi, bersikap terbuka







Klien konsentrasi, bersikap terbuka
Berharap klien untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui dan perawat mengkaji mungkin ada hal yang ingin klien tanyakan terlebih dahulu


Berharap klien untuk menyampaikan keluhan yang dihadapi saat ini dan berharap klien terbuka






Berharap klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar





Berharap klien menjawab dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendapat jawaban





Berharap klien menjawab dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengarkan





Berharap klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar







Berharap klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar







Berharap klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar





Berharap klien terbuka dan perawat menunjukan ketertarikan untuk mendengar

Klarifikasi pertanyaan yang mungkin muncul dari klien dapat digunakan untuk mengkaji ada hal yang dipikirkan oleh klien



Klarifikasi  keluhan yang mungkin muncul dan dan mengkaji keluhan yang mungkin dihadapi pasien.
Untuk menentukan tindak lanjut jika ada keluhan sehingga interaksi dapat berjalan lancar


Teknik eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Kemampuan klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi

Teknik eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Kemampuan klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi

Mendengarkan adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu





Teknik eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu



Kemampuan klien mengingat harus dipertahankan dengan klarifikasi
Mendengarkan adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu



Teknik eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu

Teknik eksplorasi dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan lebih mendalam
Mendengarkan adalah teknik komunikasi yang penting dan menunjukan saya tertarik padamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar